1657408484514812
Loading...

Tak Selamanya Bentuk Bulan itu Bulat, Lihat saja Bulan Planet Pluto ini


Pesawat luar angkasa NASA (Badan Antariksa Amerika), New Horizons, yang dikirim untuk meneliti planet kerdil Pluto kembali mengirimkan data yang menakjubkan. Kali ini data itu adalah foto pertama dari bulan Pluto, Kerberos.


Dari foto Kerberos yang paling jelas sampai saat ini itu, terungkap bila bulan Pluto itu tidak berbentuk bola seperti bulan milik Bumi atau planet lain di tata surya kita. Bentuk dari Kerberos mirip dua daun telinga yang tidak simetris.

"Sekali lagi sistem Pluto telah mengejutkan kita," ujar Hal Weaver, ilmuwan dari proyek New Horizons, Daily Mail (23/10).                                                        
Meskipun dikatakan sebagai bulan, Kerberos memiliki ukuran yang sangat kecil jika dibanding bulan Bumi. Lebar Kerberos hanya 8 kilometer untuk bagian yang besar, sementara bagian kecilnya 5 kilometer.

Dari prediksi NASA, Kerberos kemungkinan terbentuk dari dua batuan raksasa luar angkasa. Prediksi itu muncul setelah NASA melihat bagaimana komet 67P bentuknya terus berubah akibat hantaman benda langit lain.

Selain Kerberos, Pluto masih mempunyai 4 bulan lain, yakni Styx, Nix, Charon dan Hydra. Berbicara soal ukuran, Charon lah yang terbesar. Kerberos sendiri ditemukan tanggal 28 Juni 2011 lalu.





Sains dan Teknologi 6535552941523270681

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email