1657408484514812
Loading...

Tips Memilih Sabun Mandi yang Baik Sesuai Jenis Kulit


Ada beberapa hal yang hal yang harus diperhatikan dalam memilih sabun, baik sabun untuk badan maupun untuk wajah. Jika sembarang memilih, kulit bisa menjadi tidak sehat dan berkurang elastisitasnya. Salah satu dampaknya, terjadi penuaan dini pada kulit.


Pilih Sabun Mandi Sesuai Jenis Kulit Berikut

1. Kulit berminyak
Kulit berminyak memproduksi banyak sebum atau minyak alami kulit dan rentan terhadap jerawat sehingga perlu dibersihkan secara teratur.

Perhatikan ini:
-    Sebaiknya hindari sabun yang mengandung glycolic acid dan pilih yang mengandung lebih banyak bahan natural, seperti oatmeal, sea salt, dan tea tree oil karena lebih lembut bagi kulit.
-    Pilih sabun batang atau gunakan sabun yang bersifat eksfoliasi untuk menyeimbangkan kelebihan produksi minyak pada kulit.

2. Kulit kering
Kebalikan dengan kulit berminyak, kulit kering tidak mengandung cukup sebum. Perlu lebih hati-hati dalam memilih sabun karena kulit kering lebih berisiko  rusak daripada jenis kulit berminyak.

Perhatikan ini:
-Pilih sabun dengan kandungan glycerin yang mudah larut saat dicampur dengan air. Uniknya, kandungan ini juga ternyata dapat menyerap kandungan air di udara sehingga sangat cocok untuk kulit kering agar tetap terjaga kelembapannya.
-Jatuhkan pilihan pada sabun yang memiliki kandungan aloe vera, olive oil, jojoba, cocoa butter, ekstrak avokad, dan vitamin E untuk meningkatkan kelembapan kulit.                                                            
3. Kulit sensitif
Sabun untuk kulit sensitif memiliki karakteristik bebas dari parfum atau pewangi dan pewarna. Biasanya komposisi sabun dibuat dengan pH yang lebih seimbang.

Perhatikan ini:
-Sebaiknya hindari penggunaan sabun antiseptic. Selain bersifat mengeringkan, kandungan di dalamnya cenderung tidak bersahabat untuk Anda yang memiliki masalah kulit atopic.
 - Lebih baik pilih sabun yang sifatnya lunak atau sabun cair yang mengandung moisturizer.
- Hindari sabun yang berbentuk padat. Hal ini disebabkan bahan pemadatnya yang bersifat basa, kebalikan dari pH kulit yang bersifat asam.

4. Kulit normal dan kombinasi
Berbahagialah Anda yang memiliki kulit normal karena jenis kulit ini biasanya cukup bebas dari masalah. Jika Anda yang memiliki kulit kombinasi, area kulit yang cenderung berminyak ada di daerah tertentu seperti dahi dan hidung, sedangkan area kulit di area lain sekitar wajah cenderung kering.

Perhatikan Ini:
-    Sabun yang tepat untuk kedua jenis kulit ini adalah sabun untuk kulit normal.
-    Sebaiknya hindari sabun yang diformulasikan khusus untuk kulit kering atau kulit berminyak karena ini hanya akan membuat area kulit yang berminyak menjadi lebih berminyak.





Kecantikan 3432659552251831907

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email