1657408484514812
Loading...

Tumbuh Bibit Sawit di Bekas Lahan Terbakar, Bukti Kebakaran Hutan Disengaja


Beberapa pekan setelah kebakaran melanda lahan di dekat pusat rehabilitasi orangutan, Nyaru Menteng, Kalimantan Tengah, bibit-bibit kelapa sawit terlihat mulai bermunculan di lahan tersebut.


Denny Kurniawan, selaku Manajer Borneo Orangutan Survival (BOS) di Nyaru Menteng, 28 kilometer dari Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, mengatakan, kebakaran semula terjadi 800 meter dari lokasi BOS.

Diperlukan beberapa hari bagi para tim pemadam kebakaran dan staf BOS untuk memadamkan api yang melahap 100 hektar hutan dan mengancam lebih dari 200 ekor orangutan.                                  
Setelah api padam, beberapa pekan kemudian, bibit-bibit kelapa sawit muncul di lahan bekas kebakaran tersebut. Denny menyebut bahwa kini semakin jelas bahwa kebakaran disengaja dan dia meminta polisi untuk menyelidiki.

“Saya sangat marah dan frustrasi. Ini adalah wilayah yang dilindungi. Orangutan ialah spesies yang dilindungi. Presiden mengatakan, pemerintah berperang melawan kabut asap, lalu mengapa kebakaran seperti ini masih terjadi?” ujar Denny.

Membuka lahan dengan cara membakar di Indonesia dilarang dan mereka yang kedapatan melakukannya menghadapi ancaman hukuman penjara selama 10 tahun. (kompas/suaradesa.timesindonesia.co.id)





Kabut Asap 5394109237251091056

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email