1657408484514812
Loading...

25 November: Selamat Hari Guru Nasional / HUT PGRI, Sejarah Panjang Pahlawan Tanpa Tanda Jasa



Tanggal 25 November setiap tahun Indonesia memperingati Hari Guru Nasional yang juga adalah hari lahirnya organisasi guru PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia). Namun tahukah Anda sejarah mengapa tanggal 25 November dipilih menjadi hari guru? hari khusus bagi para pahlawan tanpa tanda jasa.

Penetapan 25 November sebagai Hari Guru Nasional oleh Pemerintah Republik Indonesia tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 yang dikuatkan oleh Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. Tanggal 25 November sekaligus menjadi hari lahirnya PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia).

Hari guru merupakan hari untuk menunjukkan penghargaan terhadap para guru yang telah memiliki banyak jasa. Hari Guru ini sendiri diperingati pada tanggal yang berbeda ditiap negara, Beberapa Negara, Hari guru juga ditetapkan sebagai hari libur sekolah, sedangkan di Indonesia sendiri, Hari Guru bukan merupakan Hari libur resmi, Hari Guru di Indonesia diperingati dengan Upacara Bendera di sekolah-sekolah dan pemberian tanda jasa bagi guru dan kepala sekolah.

Dibalik itu semua, ada sepenggal sejarah panjang kenapa 25 November terpilih sebagai Hari Guru Nasional dan juga ditetapkan sebagai Hari lahir Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

PGRI awalnya adalah Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) tahun 1912. Organisasi ini berdiri dengan anggota para guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan pemilik sekolah.

Kemudian, kuatnya keinginan untuk merdeka dan mendirikan negara sendiri yang bernama Indonesia membuat pengurus dan anggota PGHB mengubah nama organisasi mereka menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) di tahun 1932.                                                                
Hal ini membuat pemerintah belanda saat itu terkejut, karena kata “Indonesia” yang mencerminkan semangat kebangsaan sangat tidak disukai oleh bangsa Belanda saat itu. Sebaliknya, kata “Indonesia” menjadi suatu yang sangat didambakan oleh para guru dan bangsa Indonesia saat itu.

Pada zaman pendudukan Jepang, Segala macam bentuk organisasi yang ada di Indonesia dilarang, dan sekolah-sekolah di Indonesia juga ikut ditutup, PGI terkena dampaknya, Persataun Guru Indonesia tidak dapat lagi melakukan aktifitas mereka.

Semangat proklamasi 17 Agustus 1945 menjadi landasan para guru yang bernaung di PGI untuk menggelar Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November 1945 yang terletak di Surakarta.

Melalui Kongres yang diadakan di Surakarta ini, segala organisasi dan juga kelompok guru yang didasarkan atas perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, politik, agama, dan suku, sepakat dihapuskan. Mereka adalah guru-guru yang aktif mengajar, pensiunan yang aktif berjuang, dan pegawai pendidikan Republik Indonesia yang baru dibentuk.

Hasilnya, Tepat pada tanggal 25 November 1945, PGRI resmi didirikan. Oleh karena itulah penghormatan kepada para guru, pemerintah menetapkan hari Lahir PGRI pada tanggal 25 November tersebut sebagai Hari Guru Nasional yang hingga saat ini tetap diperingati.





Dunia Pendidikan 752582153117790136

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email