1657408484514812
Loading...

3 Tanda Orang Munafik: Suka Bohong, Ingkar Janji, dan Khianat. Kamu Termasuk Tidak?


Orang munafik pasti akan dikucilkan dan tidak akan pernah dipercaya lagi oleh masyarakat. Selain itu, orang munafik di akhirat pun akan mendapat siksa di neraka.


Apakah kita termasuk orang yang munafik?

Mungkin kita dengan tegas mengatakan kita adalah bukan orang munafik karena kurangnya pemahaman kita mengenai apa itu sifat munafik yang sesungguhnya. Yuk mari kita lanjutkan pembahasan topik ini bersama-sama.

Hadits Nabi Muhammad SAW Tentang Orang-Orang Munafik / Muna :
"Tanda orang-orang munafik itu ada tiga: Pertama, apabila berkata-kata ia berdusta. Kedua, apabila berjanji ia mengingkari. Ketiga, apabila diberikan amanah (kepercayaan) ia mengkhianatinya". (Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim).

1. Berbohong

Bohong adalah mengatakan sesuatu yang tidak benar kepada orang lain. Jadi apabila kita tidak jujur kepada orang lain maka kita bisa menjadi orang yang munafik. Contoh bohong misalnya seorang pejabat ketika ditanya KPK jumlah harta kekeyaannya, pejabat tersebut melaporkan keadaan yang bukan sebenarnya.                 
2. Ingkar Janji

Seseorang terkadang suka membuat suatu perjanjian atau kesepakatan dengan orang lain. Apabila orang itu tidak mengikuti janji yang telah disepakati maka orang itu berarti telah ingkar janji. Contohnya seperti para caleg yang kampanye janji ini itu tetapi ketika sudah terpilih jadi wakil rakyat dia lupa akan janjinya dan malah hanya mementingkan diri sendiri dan golongan.

3. Berhianat

Khianat mungkin yang paling berat kelasnya dibandingkan dengan sifat tukang bohong dan tukang ingkar janji. Khianat hukumannya bisa dijauhi atau dikucilkan serta tidak akan mendapatkan kepercayaan orang lagi bahkan bisa dihukum penjara dan denda secara pidana. Contoh berkhianat misalnya seorang pemimpin yang dipercaya rakyat untuk memimpin suatu negara tapi malah menyia-nyiakan amanah dan tidak peduli dengan rakyatnya sendiri.

Jadi apakah kamu termasuk seorang yang munafik? Jika ya, sebaiknya anda lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan bertobat agar tidak dihukum dengan api neraka kelak di akhirat.





Hukum Islam 8601972412448462500

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email