1657408484514812
Loading...

5 Amalan Sunnah Rasul yang Biasa Dilakukan Malam & Hari Jum'at


Dalam pergaulan sehari-hari di manapun, sering kita dengar atau kita jumpai istilah “Sunnah Rasul” pada malam Jum’at. Lalu apa sih sebenarnya definisi yang benar tentang Sunnah Rasul (Sunnaturrasul)?


Dalam pandangan syariat Islam, Sunnah adalah sikap, tindakan, ucapan dan cara Rasulullah Saw menjalani hidupnya atau suatu aktifitas yang dilakukan oleh Rasulullah SAW dgn penjagaan Allah SWT.

Sunnah merupakan sumber hukum kedua dalam Islam setelah Al-Quran. Sunnah adalah informasi yang disampaikan oleh para sahabat tentang sikap, tindakan, ucapan dan cara Rasulullah yang disebut sebagai hadits, dan Sunnah yang diperintahkan oleh Allah SWT disebut Sunnatullah.

Apa saja sebenarnya Amalan-amalan sunnah Rasul yang dilakukan di malam atau hari Jum'at? Berikut 5 diantaranya:

1. Memperbanyak membaca Shalawat

Sabda Nabi SAW: “Perbanyaklah shalawat kepadaku setiap hari jum’at karena shalawatnya umatku akan dipersembahkan untukku pada hari jum’at, maka barangsiapa yang paling banyak bershalawat kepadaku, dia akan paling dekat derajatnya denganku.” (HR. Baihaqi)

2. Membaca Al Qur'an khususnya surat Al Kahfi

Beliau saw bersabda: “Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari jum’at akan diberikan cahaya baginya diantara dua jum’at.” (HR. Al Hakim)                                                                                                                
3. Memperkuat do’a

Rasulullah Saw bersabda ; “Hari jum’at itu dua belas jam. Tidak ada seorang muslimpun yang memohon sesuatu kepada Allah dalam waktu tersebut melainkan akan dikabulkan oleh Allah. Maka peganglah erat-erat (ingatlah bahwa) akhir dari waktu tersebut jatuh setelah ‘ashar.” (HR. Abu Dawud)

4. Menyegerakan diri untuk shalat Jum'at

Dari Abu Hurairah ra bahwa rasulullah saw bersabda: "Siapa yang mandi junub pada hari jum’at, kemudian berangkat (ke masjid), maka dia mendapat pahala seperti yang bersedekah dengan seekor unta, yang berangkat pada saf kedua seperti bersedekah dengan seekor sapi, yang ketiga seperti bersedekah dengan seekor kambing, yang ke empat seperti bersedekah dengan seekor ayam, dan yang ke lima seperti bersedekah dengan sebutir telur. Apabila imam (khatib) keluar menyampaikan khutbahnya, maka para malaikat mendengarkan". (HR Muslim)

5. Ziarah Kubur

Dari Abu Bakar bahwa Rasulullah Saw bersabda: “Barangsiapa berziarah kubur kedua orang tuanya atau salah satunya pada setiap hari Jum‘at, kemudian membaca surat “Yasin wa al-Qur’an al-Hakim”, maka diampunilah dia sebanyak jumlah ayat dan huruf dari surat itu.” (HR. Dailamy)

Itulah beberapa amalan sesuai hadits yang kita temukan tentang assunah yg boleh dikhususkan pada hari jum'at. (Forum Qolbu Online fqo Facebook)

Wallahu 'alam.





Hukum Islam 430153295153312151

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email