1657408484514812
Loading...

5 Tips Berhemat Saat Harga-harga Naik Biar Tak Kelabakan di Akhir Bulan



Berbagai harga kebutuhan pokok kian hari kian naik, mulai dari sembako, bbm, maupun kebutuhan lainnya. Bila tak pandai berhemat, maka dapat dipastikan saat akhir bulan bisa kelabakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Jangan panik saat harga barang-barang kebutuhan pokok tiba-tiba melonjak, seperti dilansir Cosmopolitan, tips berikut ini Anda tetap dapat menjaga kondisi “kesehatan” kantong dan tetap berhemat.

1. Potong Pengeluaran Tersier

Coba cek kembali pengeluaran setiap bulan. Dari semua pengeluaran tersebut, pasti Anda dapat membaginya menjadi tiga kelompok – yaitu pengeluaran pokok, pengeluaran sekunder, dan pengeluaran tersier. Dengan melonjaknya harga, ada baiknya Anda memotong pengeluaran tersier yang tidak terlalu penting. Dengan begitu, kondisi keuangan Anda tetap aman terkendali.

2. Cari Barang Subtitusi

Jika memotong barang tersier terasa terlalu berat, coba untuk mencari barang subtitusi. Cari barang yang memiliki harga lebih murah, tapi dengan kualitas yang setara. Tanpa terasa, pengeluaran pun berkurang dan Anda dapat tetap berhemat.                            
3. Ubah Kebiasaan Hidup

Harga yang meningkat memang mau tidak mau memaksa Anda untuk mengubah kebiasaan hidup. Tidak perlu melakukan sesuatu yang drastis. Hal sederhana seperti mengurangi makan di restoran, memangkas pengeluaran beli kopi di coffee shop, atau mungkin mengurangi pergi clubbing bagi Anda yang suka ke club malam, sudah dapat mengurangi pengeluaran lho.

4. Teliti Pengeluaran

Salah satu cara untuk menekan pengeluaran adalah dengan membuat catatan pengeluaran yang detail. Hal ini dapat membuat Anda mengetahui spending habit selama sebulan. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk melakukan pemotongan dan menerapkan gaya hidup yang hemat.

5. Manfaatkan Diskon dan Promo

Jika sebelumnya Anda tidak terlalu memerhatikan adanya diskon dan promo, kali ini coba lebih memanfaatkan hal tersebut. Yup, rajin memburu diskon dan promo dapat dengan mudah menghemat pengeluaran. Namun, manfaatkan secara bijak. Jangan membeli barang yang tidak dibutuhkan hanya karena sedang diskon atau promo ya.





Tips Keluarga 1797051677144683703

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email