1657408484514812
Loading...

7 Jenis Setan dan Hantu yang Terkenal Sering Gentayangan di Indonesia


Di setiap negara, biasanya mengenal jenis-jenis setan atau hantu yang unik dan hanya ada di negara tersebut. Hantu-hantu yang dipercaya ada di masyarakat sering di tayangkan dalam film horor dan biasanya sebuah film juga menyuguhkan jenis hantu yang sesuai dengan negara dimana film itu akan ditayangkan.


Termasuk di Indonesia, sebenarnya banyak sekali jenis hantu yang dipercaya sering gentayangan disini namun tidak semua orang tahu. Adapun 7 diantara jenis hantu yang terkenal ada di Indonesia adalah berikut ini:

Setan Kuburan

Setan kuburan dikatakan sebagai setan gentayangan yang memiliki lokasi di sekitar pemakaman atau kuburan. Setan ini memiliki wajah yang menyeramkan dan hanya dapat dilihat oleh orang-orang tertentu. Ceritanya, setan kuburan merupakan setan yang berasal dari arwah penasaran. Jika ada seseorang meninggal karena kecelakaan atau karena sebab tertentu yang tidak wajar, maka dikatakan bergentayangan sebagai setan kuburan.

Ada satu cerita tentang setan kuburan yang sangat terkenal yaitu si manis kembatan Ancol. Setan ini meninggal dengan tidak wajar karena dibunuh setelah diperkosa. Oleh karenanya, ia mengajak kawan-kawan setannya untuk menggoda dan mencelakai manusia. Keinginan untuk balas dendam terutama kepada orang-orang yang memiliki kelakuan sama dengan mereka yang pernah menyakitinya. Ngeri!

Tuyul

Setan gentayangan satu ini nampaknya lucu. Berbentuk anak kecil dengan kepala gundul plontos dan suka mencuri uang. Namun, cerita menyeramkan di balik tuyul tentulah ada. Tuyul dikatakan dipelihara oleh orang-orang yang ingin kaya tanpa bekerja keras atau berusaha dengan baik.

Tuyul menjadi piaraan yang akan pergi mencarikan uang untuk majikannya. Ditelusurinya rumah demi rumah untuk mencuri uang tanpa ketahuan. Namun, dia memiliki permintaan aneh yang menyeramkan. Tuyul minta disusui dengan darah perempuan majikannya.

Ada satu hal yang biasanya digunakan untuk menghalau tuyul yang merambah mencuri uang ke rumah-rumah. Yaitu dengan meletakkan bawang putih yang digantung dekat dengan sumber penyimpanan uang. Saat ini banyak orang tidak lagi khawatir terhadap tuyul. Karena, banyak yang menyimpan uang di bank dan hanya meletakkan ATM di dompet.

Ada dua kemungkinan yang terjadi pada si tuyul modern. Mereka musnah karena tak ada lagi orang yang meminta tolong untuk mencuri uang atau tuyul semakin populer karena mencuri uang bisa di ATM terdekat. Belum ada kabar berkurangnya jumlah uang yang ada di ATM secara gaib. Mungkin juga setiap ATM telah dilengkapi dengan bawang putih yang dimasukkan ke dalam mesin uang ketika diisikan sejumlah rupiah di sana.

Gendoruwo

Jenis setan gentayangan satu ini dilukiskan dengan tubuh besar, berbulu tebal mirip gorila, dan pastinya berwajah manusia yang menyeramkan. Gendoruwo dikatakan selalu jatuh cinta kepada perempuan dari bangsa manusia. Dia suka menyamar menjadi suami si perempuan, dan datang di tengah malam ketika suami tak ada untuk menggantikan posisinya. Jika nantinya si perempuan hamil dan kemudian anaknya berbulu lebat, serta ada tanda hitam di sekitar tubuhnya, maka dikatakan sebagai anak gendoruwo.

Pada zaman dahulu, gendoruwo seringkali menyatroni di sekitar rumah-rumah warga pedesaan yang masih memiliki hutan bambu. Ada anak dikhitan oleh gendoruwo, ada istri hamil karena gendoruwo, dan kejadian-kejadian aneh lainnya. Namun sekarang, gendoruwo mulai hilang popularitasnya digantikan dengan facebook, twitter dan sosial media lain. :)

Wewe Gombel

Setan gentayangan satu ini berbentuk wanita dengan payudara lebar yang turun ke bawah. Rambutnya digambarkan dengan merah seperti api menyala dan hobinya menculik anak-anak untuk dijadikan sebagai anaknya. Sewaktu tahun 1970-an, masih sering didengar anak-anak kecil hilang ketika bermain bersama temannya atau sedang buang air kecil di toilet sekolah.

Beberapa hari kemudian, anak-anak itu ditemukan dalam keadaan kurus, tak bisa bicara, dan biasanya bertengger di atas pohon. Dikatakan bahwa anak-anak tersebut diculik oleh wewe gombel dan disembunyikan di balik payudaranya. Mengerikan dan sekaligus cukup jitu untuk melarang anak-anak kecil bermain terlalu jauh dari pengawasan orangtua.

Saat ini, sudah jarang terdengar kisah tentang wewe gombel. Bisa jadi si wewe gombel sudah punah karena tidak memiliki anak keturunan. Bisa jadi pula wewe gombel ketakutan karena banyak acara televisi yang memburunya untuk dijadikan percobaan pengusiran setan oleh para dukun yang ada di sana.

Kuntilanak

Kuntilanak merupakan setan gentayangan yang biasanya berbentuk seorang wanita cantik berambut panjang. Kadangkala kuntilanak juga dinamakan sebagai sundel bolong. Karena punggung si kuntilanak berlubang besar dan mengeluarkan banyak ulat yang menjijikkan. Kuntilanak dikatakan sebagai setan yang penasaran karena patah hati dan telah disakiti oleh lelaki.

Oleh karenanya banyak kuntilanak yang digambarkan menggoda kaum laki-laki hidung belang. Berbagai macam versi kuntilanak banyak terdapat dalam cerita film Indonesia. Mulai dari Suster Ngesot, Suster keramas, Kuntilanak, dan segala hal yang berbau kuntilanak.

Pocong

Arti dari kata pocong sebenarnya adalah ikatan pada kain kafan yang dilakukan pada orang meninggal yang beragama Islam. Pocong ini kemudian lebih terkenal sebagai setan gentayangan yang berbentuk orang buruk muka yang memakai kain kafan dan berjalan melompat-lompat. Penyebab adanya pocong dipercaya karena kelupaan membuka tali pada bagian kaki dan kepala mayat ketika dimakamkan.

Saat ini, pocong justru menjadi setan gentayangan khas Indonesia. Dengan jalannya yang melompat-lompat seperti kelinci, pocong dianggap bisa melucu dan dijadikan bahan tertawaan. Ada berbagai bentuk pocong lucu yang akhirnya justru laku ketika dibuat sebagai film bioskop. Pengarang buku pocong juga ikut mendapatkan rejeki dengan cara menjual buku-bukunya yang berkisah tentang berbagai macam ulah pocong dan diidentikkan dengan manusia.

Setan Berupa Manusia

Jenis setan yang satu ini sepertinya tidak hanya ada di Indonesia, bahkan disetiap negara pun sepertinya ada jenis setan berupa manusia ini.
Di antara sekian banyak setan, justru setan gentayangan satu ini yang paling menakutkan. Bergentayangan ke sana ke mari dengan wujud manusia, membuat keonaran. Setan gentayangan berbentuk manusia ini seringkali datang mendekat tanpa diundang. Berlagak layaknya teman bagi diri kita, terlihat baik hati, namun sebenarnya di belakangnya sedang menghunus pedang yang akan ditancapkan ketika kita sudah terperdaya tipuan dan bujuk rayunya. Waspadalah...!!!





Cerita Misteri 2015220815997423065

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email