1657408484514812
Loading...

Deretan Istri Pejabat yang 'Kecipratan' Duit Haram Hasil Korupsi Suaminya


Suksesnya suami, tidak jauh dari doa seorang istri. Begitu ungkapan yang sering ditujukan kepada pasangan suami istri. Seorang istri akan mendukung segala upaya suaminya untuk meraih kesuksesan, pasalnya jika sudah sukses, maka sang istri sendiri turut menikmatinya.


Seperti yang dilakoni para istri koruptor. Tanpa mengetahui, bahkan bertanya aliran dana berasal, mereka ‘kecipratan’ pundi-pundi rupiah dari sang suami yang belakangan diketahui merupakan hasil korupsi.

Dan dari sejumlah kasus korupsi yang ada, muncul nama beberapa istri pejabat yang menikmati duit korupsi suaminya.

Istri Jero Wacik

Pengadilan Tipikor kembali menggelar sidang lanjutan mantan Menteri ESDM, Jero Wacik, dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian ESDM. Sidang kali ini menghadirkan Financial Controller Hotel Dharmawangsa Suhendra Setiawan.

Dalam kesaksiannya, Suhendra membenarkan istri Jero Wacik, Triesna Wacik menggelar pesta ulang tahun mewah di Hotel Dharmawangsa.

“Pernah, tanggal 10 April 2012, kedua 10 April 2013,” kata Suhendra di ruang sidang tipikor, Jakarta,Kamis,(5/11).

Untuk biaya pesta saat itu, lanjut Suhendra, dibebankan pada pada Kementerian ESDM dengan pembayaran secara cash.

“Saya tidak tahu (siapa yang bayar) yang pasti dari Kementerian ESDM. Atas namanya Jero Wacik, tidak menyebutkan orang yang membayarkan,” bebernya.

Ia juga menceritakan pembayaran acara ulang tahun Triesna Jero Wacik dilakukan saat acara sudah selesai.

“Tahun 2012 biaya yang dikeluarkan Kementerian ESDM untuk membayar acara tersebut adalah Rp 600 juta. Sedangkan pada 2013 nominal yang dibayarkan tak berbeda jauh, hanya cara pembayarannya dilakukan dua tahap. Pertama untuk biaya awal dan sisanya dibayarkan setelah selesai acara,” bebernya.

Istri Irjen Djoko Susilo

Kasus simulator SIM yang melibatkan mantan Kakorlantas Irjen Djoko Susilo sempat mengehebohkan dalam negeri. Pasalnya, dari penyelidikan kasus itu terungkap nilai fantantis yang ‘ditilep’ Djoko.

Bahkan, terungkap pula jika mantan Gubernur Akademi Polisi (Akpol) ini beristri lebih dari satu. Yang paling mencengangkan, Jenderal Bintang Dua ini mempersunting Dipta Anindita, pemenang Putri Solo 2008. Dipta kelahiran Sukoharjo, 10 Mei 1989, yang saat itu usianya masih 19 tahun.

Dua bulan berkenalan, keduanya sepakat untuk menikah. Bahkan, untuk mas kawinnya, Djoko Susilo disebut telah menggelontorkan dana Rp 15 miliar.

Keduanya berbulan madu di Singapura. Dipta pun mendapatkan sejumlah fasilitas di antaranya rumah mewah, kendaraan roda empat. Bahkan, mak comblang yang memperkenalkan Djoko dengan Dipta ikut kebagian ‘jatah’.

Istri Siri Lutfhi Hasan Ishaaq

Kasus korupsi kuota daging impor sapi yang menghebohkan dalam negeri turut menyeret kehidupan pribadi mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Lutfhi Hasan Ishaaq. Terkuak Luthfi yang sudah tidak muda lagi mempersunting seorang anak di bawah umur bernama Darin Mumtazah.

Darin yang ketika itu belum tamat sekolah dinikahi Luthfi secara siri atau di bawah tangan.

Banyak pihak yang menduga jika pernikahan tersebut hanya untuk memuluskan bisnis yang tengah dilakoni ayah Darin. Setelah menikah, Luthfi pun membelikan Darin sebuah rumah dan beberapa fasilitas mewah lainnya.

Istri-istri Ahmad Fathanah

Masih terkait kasus korupsi kuota impor daging sapi. Dari kasus itu terseret Ahmad Fathanah yang berperan sebagai calo proyek.

Dari tangan Fathanah, penyidik KPK menyita lima mobil mewah yang diduga berkaitan dengan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Salah satu mobil yang disita penyidik yakni atas nama Andi Novitasari, istri muda Fathanah.                                                                              
“Kemarin kita menyita mobil berkaitan dengan AF, mobil Jazz warna putih milik Andi Novitasari,” ujar Juru Bicara KPK Johan Budi beberapa waktu lalu.

Harta benda itu disita, setelah penyidik melakukan pemeriksaan terhadap Andi Novitasari, istri Fathanah.

Sedangkan, dari istri lain Fathanah yakni Sefti Sanustika, penyidik menyita empat mobil Fathanah yakni Toyota FJ Cruiser hitam bernomor polisi B 1330 SZZ dan Alphard putih bernomor polisi B 53 FTI yang dibeli di dealer di Pondok Indah, Land Cruiser Prado hitam bernomor B 1739, serta sebuah Mercedes Benz.

Diduga, modus dilakoni Fathanah sama dengan Irjen Djoko Susilo yang menyamarkan hartanya melalui para istrinya.

Istri Fuad Amin

Menjadi istri muda seorang Ketua DPRD Bangkalan nonaktif membuat Siti Masnuri percaya diri tampil di depan khalayak. Yah, Situ merupakan istri dari Fuad Amin Imron yang kini mendekam di tahanan KPK atas kasus suap miliaran rupiah.

Siti yang sempat didapuk menjadi calon bupati 2013 lalu merupakan lulusan salah satu sekolah tinggi di Madura. Untuk sang istri muda, Fuad memberikan Siti Masnuri fasilitas kelas satu untuk level Bangkalan. Rumah besar, dua kavling, bergaya Eropa di Jalan Kupang Jaya no 4, menjadi huniannya.

Menurut tetangganya, Siti jarang keluar dan rumah megah itu sering sepi dengan aktivitas, jika dibandingkan dengan status dia. Selain itu, Siti juga pernah menerima aliran dana suap dari suaminya sebesar Rp 600 juta.

Jadi istri muda Gatot

Salah satu kasus korupsi teranyar ialah yang melibatkan pasangan suami istri mantan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Gatot Pujo Nugroho dengan istri mudanya Evy Susanti.

Keduanya menjadi tersangka kasus dugaan suap hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan.

Evi berperan memberikan uang operasional kepada pengacara kondang OC Kaligis.

Namun, Pengacara Gatot, Razman Arief Nasution sedikit mengungkap sosok Evy. Menurut dia, Evy merupakan anak mantan pejabat.

“Ibu Evy itu orangtuanya adalah mantan Sekretaris Dirjen Kementerian Kesehatan,” ujar Razman beberapa waktu lalu.

Dikatakan Razman, Evy juga seorang sarjana hukum yang kerap menjadi pengacara sejumlah pejabat pemerintahan.

“Ibu Evy seorang sarjana yang mengerti hukum. Beliau juga pengurus Kadis (Kepala Dinas) dan ada usaha-usaha salah satunya kecantikan. Saya tidak dalami,” kilahnya.

Untuk itu, Razman klaim jika kliennya itu tidak memiliki harta dari tindak pidana korupsi. Sehingga, kekayaan yang dimiliki Evy adalah murni dari hasil pekerjaan dan pemberian Gatot sebagai suaminya.

“Jadi dana selama ini murni dari pekerjaan dan pemberian suaminya (Gatot), tidak dalam rangka hasil pemerasan atau janji apalagi suap,” tandasnya. (merdeka.com)






Kasus Korupsi 7716444566640042409

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email