1657408484514812
Loading...

Jet Tempur SU-24 Rusia Jatuh Ditembak F-16 Turki


Krisis Suriah kian runyam. Kini konflik tak hanya antara pemerintah Suriah-Rusia melawan pemberontak dan ISIS, tapi juga melibatkan Turki.

Jet tempur Turki menembak jatuh sebuah pesawat asing dekat perbatasan Suriah setelah pesawat itu melanggar wilayah udara Turki. Belakangan, pesawat yang ditembak itu diketahui milik jet Rusia, Su-24.


Hal itu kali pertama diungkapkan seorang pejabat Turki seperti dikutip Reuters. Pihak Rusia mengakui salah satu pesawatnya telah ditembak jatuh. Rusia dan sekutunya, pemerintah Suriah, memang kerap melancarkan serangan udara di daerah itu.

Pihak istana kepresidenan Turki mengungkapkan pesawat tempur yang ditembak jatuh Turki dekat perbatasan Suriah itu merupakan pesawat tempur SU-24 milik Rusia. Mereka mengklaim pesawat itu ditembak jatuh karena melanggar wilayah udara Turki.                                                                  
Presiden Recep Tayyip Erdogan telah diberitahu oleh Panglima Angkatan Bersenjata Turki dan segera membicarakan hal ini dengan Perdana Menteri Ahmet Davutoglu. Cuplikan video televisi yang disiarkan kantor berita Anadolu, Turki, memperlihatkan dua pilot ke luar dari pesawatnya dengan menggunakan parasut di dekat perbatasan Turki-Suriah.

Jet tempur-jet tempur F-16 Turki telah menembak jatuh pesawat itu setelah dianggap melanggar wilayah udara Turki dan mengabaikan peringatan Turki, kata seorang pejabat militer Turki kepada Reuters.

Seorang sumber militer Suriah mengatakan pihaknya tengah menyelidiki insiden ini. Namun Kementerian Pertahanan Rusia mengakui sebuah pesawatnya telah ditembak jatuh. Kementerian pertahanan Rusia mengatakan jet tempur yang ditembak jatuh itu adalah milik Rusia dan tidak melanggar wilayah udara Turki.

Rusia pun berkeras membantah klaim Turki dan menyatakan akan membuktikan bahwa pesawat Su-24 itu telah terbang di atas Suriah selama terbang.





Konflik Suriah 140897194759161996

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email