1657408484514812
Loading...

Jokowi Presiden Pertama yang jadi Inspektur Upacara Hari Pahlawan di Surabaya


Presiden Joko Widodo dijadwalkan memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di Tugu Pahlawan, Surabaya, Selasa 10 November 2015, dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Jawa Timur.


Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi bertolak ke Surabaya dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, Senin 9 November 2015 pukul 21.00 WIB dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Tim Komunikasi Presiden menyebut, kehadiran Presiden Jokowi di Surabaya menjadi catatan tersendiri, karena kali pertama Upacara Peringatan Hari Pahlawan dilaksanakan di Surabaya dan dipimpin langsung oleh seorang Presiden.

"Lokasinya di Tugu Pahlawan karena di tempat itulah peristiwa perjuangan 10 November 1945 hingga didirikan tugu untuk mengenang para pahlawan," ujar Gubernur Jawa Timur Soekarwo di kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan Surabaya, Jumat (6/11).                                              
Menurutnya, bersedianya orang nomor satu di Republik ini menjadi inspektur upacara di Tugu Pahlawan merupakan keputusan tepat dan sudah lama ditunggu masyarakat Jatim, khususnya Surabaya.

"Ini merupakan kali pertama seorang Presiden memimpin upacara di Surabaya. Syukurlah tahun ini disetujui pemerintah pusat dan kami sangat mengapresiasinya," kata pejabat yang akrab disapa Pakde Karwo tersebut.

Pada upacara bendera tersebut dijadwalkan turut hadir Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa beserta sejumlah menteri lain yang tergabung dalam Kabinet Kerja.

Pada hari itu Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga dijadwalkan memberikan tali asih berupa bingkisan kepada 102 orang perintis kemerdekaan dan 100 orang veteran.

Usai memimpin upacara, sesuai rencana, Presiden akan menuju Galangan Kapal PT Adi Luhung Sarana Segara Indonesia (ALSSI) di Kabupaten Bangkalan, Madura. (tempo.co, republika.co.id)





Jokowi - JK 140146086020931235

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email