1657408484514812
Loading...

1 Desember 2015 Diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia ke-27



Setiap tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia. Adapun tahun 2015 ini menjadi tahun ke 27 peringatan hari AIDS Sedunia tersebut. Hari AIDS Sedunia diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV. Konsep ini digagas pada Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia mengenai Program-program untuk Pencegahan AIDS pada tahun 1988. Sejak saat itu, ia mulai diperingati oleh pihak pemerintah, organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia.

Sejarah awal mula peringatan Hari AIDS Sedunia ini, ketika pada tahun 1987 yang dicetuskan oleh dua orang yakni Thomas Netter serta James W. Bunn di Geneva, Swiss.

Netter dan James mengungkapkan gagasan peringatan Hari AIDS tersebut kepada Dirut Program AIDS Global yang sekarang bernama UNAIDS yakni DR. Jonathan Mann. Tak Disangka gayung pun bersambut. Akhirnya DR Mann menyetujui hal tersebut dan membuat gagasan jika tanggal 1 Desember 1988 akan diperingati sebagai tahun pertama Hari AIDS Sedunia.                          
Merasa mendapat lampu hijau, akhirnya James memberikan saran jika pencetusan Hari AIDS sedunia pertama kali tersebut harus diliput media agar acara ini sukses. Akhirnya James yang sebelumnya bekerja sebagai reporter bekerjasama dengan produser Nansy Saslow untuk melakukan kampanye pentingnya kesehatan dan bahaya virus HIV di sejumlah stasiun TV di AS yang dikenal dengan nama AIDS Lifeline.

Setelah sukses melakukan kampanye AIDS, akhirnya 1 Desember 1988 ditetapkan sebagai tahun pertama Hari AIDS sedunia. Namun pada dua tahun pertama, tema hari AIDS tersebut hanya difokuskan pada remaja dan anak-anak saja. Akhirnya tema ini mendapat kritikan karena semua usia bisa tertular penyakit mematikan ini. Akhirnya pada 2004, UNAIDS kampanye AIDS tersebut dilakukan sebagai organisasi yang berdiri sendiri dan dengan kampanye yang bertema setiap tahunnya dengan melakukan konsultasi dengan komunitas kesehatan lainnya. Sejak saat itu, akhirnya 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia.





Kesehatan 5438352983891359174

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email