1657408484514812
Loading...

Duh,.. Soal Ujian SMK Sidoarjo kok ada foto wanita seksi dan pertanyaan "ada berapa gaya pacaran?"



Sekira dua pekan ini siswa-siswi sekolah dari tingkat SD/MI hingga SMA/MA/SMK sedang menjalani Ulangan Akhir Semester (UAS). Namun, melihat beberapa soal UAS yang dikerjakan oleh anak-anak sekolah, kita tampaknya akan kembali mengelus dada, atau setidaknya mengerutkan kening karena ditemukan beberapa soal yang mengandung hal-hal yang tidak seharusnya ada pada pelajaran sekolah.

Di Sidoarjo, ditemukan ada tiga soal UAS SMK pada 3 mata pelajaran yang berbeda yang soal UASnya tidak pantas disebut mendidik.

1. Pada mapel Penjaskes soal nomor 18 berbunyi "ada berapa gaya pacaran yang sehat?"


2. Pada mapel Seni Budaya soal nomor 27 terdapat gambar foto wanita yang memakai baju seksi. Gambar foto itu memperlihatkan lengan tangan secara utuh. Naskah soal pertanyaannya berbunyi "gambar di samping merupakan musisi?"

                                                                       
3. Pada mapel Bahasa Indonesia terdapat lirik lagu dewasa:


"kemarin kau masih bersamaku
bercumbu dan merayu
adakah hari esok untuk kita bercinta
seperti yang telah kita lewati

mengapa terlalu cepat kau pergi
tinggalkan batu nisan
kenyataan ini begitu memilukan
ingin ku rasa turut serta"


Informasi dari situs Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo, menurut salah satu guru Pendidikan Agama Islam (PAI) , ketiga soal UAS tersebut awalnya diupload oleh seorang guru SMK pada grup whatsapp dan sempat membuat heboh guru-guru anggota grup tersebut. Dan setelah dilacak bukti fisiknya, baru satu soal, yaitu foto artis yang jelas ada dan ditemukan. Untuk dua foto yang lain masih dilacak bukti fisiknya. Diduga dua soal lain yang tersebar fotonya tersebut merupakan soal yang diujikan di sekolah negeri.

Ditanya tentang siapa yang bertanggungjawab terhadap soal tersebut, salah satu guru PAI ini mengatakan kalau soal-soal itu dibuat langsung oleh Dinas Pendidikan dan sekolah hanya memakai saja.





Dunia Pendidikan 2728833709818395580

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email