1657408484514812
Loading...

FX Hadi Rudyatmo, Walikota Solo Pengganti Jokowi Menang di Pilkada Solo


Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota petahana Solo, FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo, mengklaim berhasil unggul dalam perolehan suara pilkada kota itu. Tetapi perolehan suara mereka meleset dari target awal.


Ketua tim pemenangan pasangan FX Hadi Rudyatmo-Achmad Purnomo, Putut Gunawan, menyebutkan bahwa berdasarkan hasil penghitungan manual dari data yang dikumpulkan para saksi di semua TPS menunjukkan perolehan suara mencapai 60,40 persen. Sedangkan rival mereka memperoleh 39,60 persen suara.

"Hasil perhitungan sementara itu sudah fixed dan final. Semua data berdasarkan hasil pencatatan para saksi yang dikirimkan ke kantor PDIP Solo," kata Putut ketika ditemui di Solo, Rabu malam, 9 Desember 2015.

Meski unggul, Putut sedikit mempertanyakan turunnya perolehan suara dari target yang telah ditentukan. Sebab, target yang dipasang adalah hasil pemilihan gubernur Jawa Tengah yang memenangkan pasangan Ganjar Pranowo-Heru di Solo mencapai 70 persen.

"Dari hasil itu terlihat adanya pola pergeseran perolehan suara dari pemilih. Hasil ini harus menjadi bahan evaluasi. Terutama turunnya perolehan suara yang sangat drastis di TPS yang terletak di sekitar masjid," ujar Putut.                                                  
Sekretaris tim pemenangan pasangan nomor urut 1 Anung-Fajr‎i, Supriyanto, mengatakan bahwa pihaknya juga melakukan penghitungan manual dengan mengumpulkan data yang diperoleh para saksi. Hingga Rabu malam, jumlah penghitungan suara baru mencapai 90 persen.

"Dari hasil penghitungan itu pasangan nomor urut 2 unggul dengan perolehan suara mencapai 58 persen. Sedangkan perolehan suara pasangan Anung-Fajri mencapai sekitar 42 persen," ujar Putut.

Jumlah perolehan suara itu cukup menggembirakan. Pasalnya, sebagai pasangan baru, mampu melawan pasangan petahana yang sejak awal memasang target perolehan suara yang cukup tinggi.

"Mereka menargetkan bisa memperoleh suara hingga di atas 70 persen, tetapi ternyata dalam pilkada ini hanya bisa mencapai 42 persen," kata Putut.

FX Hadi Rudyatmo adalah wakil Joko Widodo saat masih memegang jabatan Wali Kota Solo. Namun, terpilihnya Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta menyebabkan FX Hadi Rudyatmo naik jabatan menjadi Wali Kota Solo. (viva.co.id)





Pilkada 8342273639592473576

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email