1657408484514812
Loading...

James R. Moffett alias Jim Bob, Bos Freeport Mengundurkan Diri


Freeport McMoRan Inc (FCX) mengumumkan bahwa James R. Moffett (Jim Bob), Ketua Dewan, co-founder, dan eksekutif dalam waktu lama, akan mengundurkan diri dari Dewan FCX Direksi dan sebagai Ketua Eksekutif Freeport McmoRan.


Mengutip laman resmi Freeport McMoRan, Moffett yang juga ketua Emeritus, telah setuju menjadi konsultan Dewan Freeport.

"Jim Bob (panggilan Moffett) telah menjadi kepala ahli geologi dan telah menunjukkan gairah besar untuk eksplorasi sepanjang kariernya," kata Wakil Ketua Freeport, Mr Adkerson dalam keterangan tertulisnya, Selasa (29/12/2015).

"Dia berperan dalam penemuan dan pengembangan deposit Grasberg di Indonesia, yang telah tumbuh menjadi salah satu tembaga dan emas deposito terbesar di dunia," ujarnya.

Mr Moffett telah menjabat sebagai Ketua Eksekutif Freeport McMoRan sejak 2003 dan sebelumnya menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) Freeport McMoRan dari tahun 1995 hingga 2003.

Pengunduran diri Bos Freeport McMoRan Inc James Robert Moffet ini cukup mengejutkan publik. Pasalnya, pengunduran diri ini dilakukan beberapa saat setelah sejumlah polemik seputar Freeport merebak.

James Moffet disebut-sebut pernah menjalin komunikasi dengan beberapa pejabat di Indonesia.                                  
Untuk itu, pengunduran diri bos Freeport ini diduga bertujuan untuk membersihkan nama perusahaan dari kasus yang telah menyeret nama bos Freeport tersebut.

Pengamat energi Universitas Indonesia (UI) Iwa Garniwa mengungkapkan, terdapat kemungkinan bahwa Freeport telah mengambil kebijakan untuk kembali membersihkan nama Freeport di tengah-tengah masyarakat global, khususnya Indonesia. Hal ini merupakan sesuatu yang perlu dilakukan mengingat besarnya nama Freeport dibanding perusahaan tambang lainnya.

"Ini ada kemungkinan dia lepas karena disebut-sebut dalam kasus-kasus yang lalu. Artinya dalam kondisi begini perusahaan pasti mati-matian. Jadi perusahaan ingin membersihkan namanya," ujar Iwa saat dihubungi oleh Okezone, Kamis (31/12/2015).

Pilihan Moffet untuk menjadi dewan pertimbangan perusahaan pada produksi Grasberg di Papua pun disinyalir merupakan salah satu strategi untuk membersihkan namanya di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

"Bisa jadi untuk membersihkan namanya mengingat disebut-sebut dalam kasus yang lalu. Tapi ini baru kemungkinan. Nanti kita lihat saja perkembangannya ketika Moffet sudah menjabat beberapa waktu," pungkas Iwa. (okezone.com)





Berita Dunia 5555853728728361293

Poskan Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email