1657408484514812
Loading...

Pengamanan Natal & Tahun Baru 2016, Indonesia Siaga Satu


Pemerintah menetapkan status siaga satu di seluruh wilayah Indonesia menjelang Natal dan Tahun Baru 2016. Keamanan pun semakin diperketat dengan menurunkan 150.000 personel.


Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Panjaitan membenarkan pemberlakuan siaga satu di seluruh wilayah Indonesia tersebut. Bahkan, menurut Luhut, penerapan status tersebut itu tidak hanya di Indonesia saja, melainkan juga di seluruh belahan dunia. ”Ancaman itu keliatannya global. Jadi bukan hanya kita saja yang siaga.

Jangan berpikir sepertinya Indonesia saja. Juga terjadi di mana-mana di negara lain juga begitu terjadi,” tandas Luhut di Kantor Menko Polhukam, Jakarta, kemarin.                    
Untuk memperketat pengamanan, lanjutnya, pihaknya juga akan melakukan pertukaran intelijen dengan pihak asing. ”Saya sebagai menko polhukam sangat berkonsentrasi menyangkut keamanan ini karena itu adalah bidang saya.

Kita akan lakukan pertukaran intelijen, sehingga lebih bagus kita meningkatkan kesiagaan untuk menghadapi kemungkinan yang tidak kita inginkan,” tandasnya. Dalam pelaksanaan pengamanan nanti, ujarnya, pihaknya akan berfokus kepada ruang-ruang publik yang dimungkinkan terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan. Seperti di bandara dan tempat-tempat yang sifatnya rentan.

”Menyangkut publik area yang kita anggap bisa mungkin untuk itu. Kita melakukan pengamanan misalnya semua airport , khususnya internasional untuk lebih berjaga-jaga,” paparnya. (Koran Sindo)





Berita Nasional 1036052199105256756

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email