1657408484514812
Loading...

Sejarah Santa Claus (Sinterklas) di Hari Natal, Kakek Gemuk Berjubah Merah Pembawa Hadiah


Desember menjadi perayaan yang paling dinantikan bagi umat Nasrani seluruh dunia. Pada tanggal 25 Desember, mereka merayakan Natal (Christmas).


Natal identik dengan pohon natal, bertukar kado dan salah satu tokoh terkenal yang tak lepas dari natal adalah Santa Clause. Santa Clause kerap kali digambarkan seperti seorang kakek gemuk dengan janggut putih dengan mantel dan topi merahnya.

Bukan hanya itu, anak-anak percaya bahwa Santa Clause akan membawakan hadiah bagi anak-anak yang bersikap baik sebelum merayakan natal. Santa Clause akan membagikan hadiah bagi anak-anak baik dengan mengendarai rusa terbangnya.

Banyak versi dari legenda tentang sosok pria gemuk baik hati ini. Legenda mengenai Santa Clause berbeda setiap saatnya. Biasanya terdapat gabungan dari unsur budaya dan fantasi sehingga terwujudlah sosok Santa Clause.                        
Salah satu legenda Santa Clause paling terkenal adalah cerita tentang Santo Nicholas. Santa Nicholes sebenarnya tidak gemuk dan berjanggut putih. Nicholas mendedikasikan hidupnya untuk membantu orang miskin dan anak kecil sejak masih mda.

Nicholas dikenal sebagai seorang yang sering menyimpan koin pada sepatu anak-anak. Terkadang ia menempatkan sesuatu seperti wortel atau jerami untuk kuda sebagai imbalan.

Nicholas tetap dikenal sebagai seorang yang baik hati meski setelah kematiannya. Salah satu peringatan Santo Nicholas yang masih berlangsung sampai sekarang bisa kita temukan di Belanda. Mereka menggambarkan Nicholas sperti Santa Clause dengan jubah merahnya.

Dalam tradisi Belanda, Santa Clause digambarkan mengenakan jubah merah, memilki asisten peri dan mengendarai rusa terbang.





Sejarah Dunia 8260534547872916733

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email