1657408484514812
Loading...

Survei: Jika Pilkada DKI Hari ini, Ahok Menang, Kalahkan Ridwan Kamil dan 24 Tokoh Lain


Lembaga survei Populi Center merilis hasil survey terbaru terkait calon Gubernur DKI. Dari hasil survey tersebut, Ahok menduduki peringkat pertama pilihan responden. Dengan hasil demikian, jika pilkada DKI digelar hari ini, Ahok diprediksi menang.


Menurut hasil, Ahok dipilih 39 persen responden jika disandingkan 25 tokoh lain. Adapun pesaing terdekatnya, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, dipilih 14,5 persen responden.

"Peringkat ketiga mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebesar 7,2 persen," kata peneliti Populi, Nona Evita, di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 12 Desember 2015.

Jika dikerucutkan menjadi 16 tokoh, Ahok tetap unggul jauh ketimbang para pesaingnya. Ahok dipilih 37,5 persen responden. Ridwan Kamil kembali berada di bawah Ahok dengan perolehan 16 persen dan diikuti Tri Risma sebanyak 8,8 persen.

Dalam elektabilitas head to head, Ahok disandingkan langsung dengan Adhyaksa Dault dan Ridwan Kamil. Ketika dihadapkan dengan Adhyaksa, Ahok mendapatkan suara 52,8 persen. Responden yang belum memutuskan dan tidak menjawab masing-masing 28,5 persen dan 5,5 persen. Adapun jika dihadapkan dengan Ridwan Kamil, perolehan suaranya menurun menjadi 47,2 persen dengan jumlah responden yang belum memutuskan dan tidak menjawab masing-masing 23,5 persen dan 5,2 persen.                                            
Survei dilaksanakan pada 1-7 Desember 2015 terhadap 400 responden dengan proporsi gender seimbang. Responden dipilih secara bertingkat (multistage random sampling), yaitu dari pengacakan untuk kelurahan, rukun tetangga, keluarga, dan akhirnya terpilih di wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Kepulauan Seribu. Survei ini memiliki tingkat kesalahan 5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dari segi popularitas, tingkat keterkenalan Ahok mencapai 95,8 persen. “Angkanya sedikit turun dibandingkan dengan survei Maret lalu yang mencapai 96,6 persen,” kata Nona Evita.

Di bawah Ahok, ada pelaksana tugas Gubernur Banten, Rano Karno, dengan tingkat popularitas 86 persen. Rano Karno diikuti anggota Dewan Perwakilan Rakyat Tantowi Yahya 68,2 persen, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil 61,8 persen, dan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Abraham Lunggana 59,5 persen. Dalam survei tersebut muncul pula nama Tri Rismaharini, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, hingga pengusaha Sandiaga Uno. (tempo.co)






Pilkada DKI Jakarta 407313874881331995

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email