1657408484514812
Loading...

Bersyukurlah Warga Papua, Jokowi Berjanji: 2018, Semua Jalan Kabupaten di Papua Diaspal


Presiden Jokowi berjanji pada tahun 2018, seluruh kabupaten di Papua terhubung jalan aspal. Ia juga menjanjikan sejumlah proyek infrastruktur di Papua dan Papua Barat. Selain proyek jalur kereta sepanjang 300 km.


"Saya janji, seluruh kabupaten di Papua, tahun 2018 semuanya tersambung jalan,"

kata Jokowi di depan ratusan penduduk lokal Papua, saat acara peresmian pabrik sagu Perhutani di Distrik Kais, Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat, Jumat (1/1/2016).

Pemerintahan Presiden Jokowi memang memiliki target pembangunan jalan Trans Papua. Proyek jalan sepanjang 3.985 km tersebut dikerjakan siang malam agar cepat selesai.

Sejumlah ruas jalan Trans Papua, di antaranya Jayapura-Wamena-Mulia, Jayapura-Sarmi, Jayapura-Hamadi-Holtekamp-Perbatasan Papua Nugini, Merauke-Waropko, Timika-Mapurujaya-Pomako, Nabire-Waghete-Enarotali, dan Serui-Menawi-Subeba.                                  
Sedangkan yang berlokasi di Papua Barat, di antaranya Manowari-Sorong, Manokwari-Bintuni, Fakfak-Hurimber-Bomberay, dan Sorong-Mega.

Jalan Trans Papua mengakomodir pusat-pusat kegiatan nasional yang sudah ditentukan dalam rencana tata ruang wilayah nasional. Ada tiga pusat kegiatan nasional yang ada di Papua ini yaitu Sorong, Jayapura, dan Timika. Kemudian ada pusat kegiatan strategis seperti Manokwari, Raja Ampat, dan Tanah Merah.

Bupati Kabupaten Nduga Yairus Gwijangge yang sebelumnya memasangkan topi 'Kepala Burung' tanda penyambutan menjelaskan, saat ini pembangunan jalan lintas Wamena-Mumugu, ruas Mbua-Mugi sepanjang 25,49 km tengah dibangun. Pembangunan jalan itu dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dibantu TNI.

"Bagusnya Pak, nanti jalannya dicor dulu, semen, baru aspal biar kuat," kata Yairus kepada Jokowi.

"Iya. Nanti kalau jalurnya sudah terbuka, baru Kementerian PU masuk untuk aspal,"

tambah Jokowi.





Jokowi - JK 2628027521381205845

Poskan Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email