1657408484514812
Loading...

Fenomena Alam Semesta Langka, 5 Planet Berada Sejajar Di Langit


Mulai 20 Januari 2016, kita bisa melihat fenomena alam yang langka terjadi yaitu lima planet secara bersama-sama berjajar di langit. Fenomena ini akan terjadi sekira satu jam atau lebih sebelum Matahari Terbit. Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus, lima planet yang telah diamati sejak zaman kuno itu akan terlihat dalam satu garis yang membentang dari utara hingga timur. Planet-planet itu akan terlihat dari seberang Australia di langit fajar.


Sebagaimana diberitakan IFL Science, pemandangan ini bisa langsung disaksikan mulai 20 Januari hingga akhir Februari 2016. Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus telah berada di langit sejak awal tahun. Jupiter terlihat di utara, diikuti oleh Saturnus dan terakhir oleh Venus di atas ufuk timur. Munculnya Merkurius akan membuat keluarga planet ini lengkap.              
Merkurius baru saja beralih dari malam ke pagi hari. Pada awalnya planet itu akan muncul cukup rendah ke langit timur dan semua planet akan terlihat samar, sehingga akan sulit untuk melihat. Akan tetapi, Merkurius akan berada lebih tinggi setiap pagi dan pada Februari akan berada tepat di bawah Venus.

Fenomena alam itu juga bisa berdampingan di Bulan, dan Anda bisa menyaksikan Bulan itu ada di antara planet itu. Pada 28 Januari 2016, bulan akan tepat berada di sebelah Jupiter. Sementara pada 1 Februari bulan akan berdampingan dengan Mars, kemudian Bulan berada di bawah planet Merah. Pada hari di 4 Februari, Bulan sabit akan berada dekat Saturnus.

Setelah itu, pada 7 Februari, Bulan akan terlihat berada di bawah Merkurius. Garis yang dibentuk oleh planet-planet di langit mengikuti ekliptika (jalur yang dilalui oleh benda dalam mengelilingi suatu titik pusat).






Sains dan Teknologi 8373806597531410834

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email