1657408484514812
Loading...

Jokowi: "Papua adalah surga kecil yang diturunkan ke bumi"


Menjelang pergantian tahun kemarin, Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Papua dan Papua Barat. Sejumlah daerah dikunjungi Jokowi beserta rombongan, seperti Marauke, Wamena, Timika, Sorong, Raja Ampat, Sorong Selatan.


Jokowi pun bercerita dalam kurun waktu empat hari tiga malam dirinya telah bolak balik menjelajahi tanah Papua. Mulai dari Marauke dan diakhiri di Sorong Selatan.

"Akhir tahun ini saya empat hari tiga malam ada di tanah Papua. Pertama di Marauke satu malam, naik ke Wamena nginap semalam. Setelah itu satu malam ke Timika, dari Timika ke Kabupaten Nduga," kata Jokowi dalam sambutannya di Distrik Kais, Sorong Selatan, Papua Barat Jumat (1/1/2016).

Kemudian, lanjut dia, perjalanan kunjungan kerjanya dilanjutkan ke Sorong, Papua Barat. Mantan Gubermur DKI ini pun sempat menghabiskan malam pergantian tahunnya di Raja Ampat.

Perjalanan kunjungan kerja di tanah Papua ini pun diakhirinya dengan mengunjungi Kais, Sorong Selatan, Papua Barat. Dalam kunjungan ini, Jokowi melakukan peninjauan pabrik sagu yang dibangun pemerintah melalui BUMN Perum Perhutani.                                        
Dalam kunjungan ini, Jokowi mengaku terkesan. Suami dari Iriana Jokowi ini menjadi mengerti suasana dan kebiasaan masyatakat di Papua. Bahkan, ia mengibaratkan Papua sebagai surga kecil yang diturunkan ke bumi ini.

"Semakin sering saya ke tanah Papua, semakin saya tahu bahwa Papua adalah surga kecil yang diturunkan ke bumi" ujar Jokowi.

Lebih lanjut, ia pun berjanji dua tahun lagi akses jalan di Papua akan semakin baik. Pemerintah kata dia, akan membangun jalur kereta api yang melintas Papua.

Sejauh ini, pemerintah telah mulai membangun jalur kereta di luar Jawa yakni lintas Sulawesi. Saat ini, jalur kereta tersebut masih dalam proses pembangunan di Sulawesi Selatan.

"Insya Allah tahun 2018 ini sudah tersambung (jalannya) semuanya. Tahun ini juga Insya Allah jalur kereta apinya mulai di bangun. Kemarin juga kita baru membuka jalur kereta api di Sulawesi. Kemungkinan besar nanti (di Papua) dimulai dari Sorong," tandas dia. (metrotvnews.com)





Jokowi - JK 5761284324853841960

Poskan Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email