1657408484514812
Loading...

Teror Jakarta jadi Trending Topic Media Sosial Indonesia


Hashtag #Bomsarinah, #prayfor jakarta #bomsarinah, #jakartamencekam, #kamitidaktakut, #terordiJakarta menjadi tren setelah terjadinya peristiwa serangan bom yang terjadi di perempatan lampu merah Sarinah, tepatnya di pos polisi yang disertai baku tembak polisi dengan pelaku yang menewaskan sejumlah polisi dan warga sipil.


Sehubungan dengan hal ini, Damar Juniarto, dari SAFENet menganjurkan agar netizen tidak menyebarkan foto-foto kejadian ini secara vulgar, melainkan terlebih dahulu menyamarkannya.

Reminder teman2: jangan sebar foto2 korban bom #Sarinah secara vulgar. Upayakan disamarkan dulu.
— Damar Juniarto (@DamarJuniarto) January 14, 2016

Indonesia Indicator (I2), sebuah perusahaan di bidang intelijen media, analisis data, dan kajian strategis dengan menggunakan software AI (Artificial Intelligence) mencatat, sepanjang Kamis hingga pukul 17.00 WIB, sebanyak 53.321 akun Twitter merespons peristiwa tersebut.

"Hashtag yang digunakan adalah #Bomsarinah, #prayfor jakarta #bomsarinah, #jakartamencekam, #kamitidaktakut, #terordiJakarta," kata Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2), Rustika Herlambang kepada media.

Menurut dia, sebanyak 121.933 tweet memberikan respons atas peristiwa ledakan di Jakarta.                                
Sementara itu, kata dia, emosi yang disampaikan netizen adalah pada emosi, kekhawatiran dan kesedihan.

Namun, sebagian netizen mengungkapkan keyakinannya pada gerak polisi yang cepat. "Hal itu juga didukung oleh hashtag #KamiTidakTakut," ungkap Rustika seperti dikutip Antara.

Kecepatan polisi dan seluruh aparat dalam menangani dan menenangkan warga membuat emosi netizen yang awalnya diliputi kekhawatiran menjadi sangat berkurang.

Rustika mengungkapkan bahwa Jakarta memiliki peran yang sangat strategis di dunia. Jakarta, tidak hanya sekadar ibukota negara, namun juga pusat kegiatan politik, pusat perwakilan negara asing, pusat perdagangan, dan juga pusat perekonomian.

Dalam pantauan mesin Intelligence Media Management (IMM), ungkap Rustika, peristiwa ledakan Jakarta juga menjadi isu utama pemberitaan media online nasional dan internasional. Secara umum, kata dia, terdapat 189 media online yang memberitakan seputar ledakan yang terjadi di beberapa tempat di Jakarta, Kamis ini.

Isu utama media online nasional, kata Rustika, antara lain, Presiden Jokowi mengimbau kepada masyarakat untuk tidak takut dan meminta pihak berwenang untuk menangkap pelaku pemboman.





Teror Jakarta 8020020152528094106

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email