1657408484514812
Loading...

Wanita Merasa Sedih dan Menangis Setelah Hubungan Seks, Apa Sebabnya?


Aktivitas hubungan seksual memicu pelepasan oksitosin yang menimbulkan rasa senang dan bahagia. Namun pada beberapa wanita, keintiman tersebut justru bisa membuat mereka menangis sesudahnya.


Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Australia, hampir 50 persen wanita merasakan kesedihan setelah bercinta. Tapi kesedihan tersebut tak bisa dijelaskan secara pasti kenapa dan apa penyebabnya.

Seperti dikutip dari Men's Health, para peneliti menyebut fenomena ini sebagai 'postcoital dysphoria'. Suatu kondisi dimana seseorang secara tiba-tiba menangis atau merasa depresi atau gelisah pasca bercinta.

Kesedihan dan tangisan yang dialami wanita pasca bercinta umumnya tidak selalu berhubungan dengan performa pasangannya. Wanita yang merasakannya sendiri pun tidak bisa menjelaskan kenapa mereka bersedih atau menangis tanpa sebab.

Kondisi ini disinyalir sebagai respon atas gerakan refleks biologis terhadap aktivitas seks, mulai dari tahap penetrasi hingga orgasme. Dijelaskan psikolog Lori Brotto, Ph.D., tubuh wanita maupun pria kerap kali mengalami perubahan pada hormon dan sistem syaraf kala bercinta dan sangat mungkin bagi keduanya mengalami kesedihan tanpa sebab.                                                                
Meski begitu, pria juga sebaiknya tetap memberi perhatian ketika pasangannya menangis atau terlihat depresi setelah bercinta. Sebab ada kemungkinan adanya trauma masa lalu yang menyebabkan ia bersedih.

Psikolog dari University of British Columbia ini kembali menjelaskan, wanita yang pernah mengalami kekerasan seksual di masa kecil cenderung lebih berisiko terkena postcoital dysphoria. Meskipun ia merasakan kenikmatan bercinta, namun ada rasa takut yang menyeruak karena kembalinya memori yang tidak menyenangkan itu.

"Mungkin juga dia merasa kesepian setelah keintiman seks berakhir, atau ada rasa bersalah pada dirinya," ujar Lori.

Faktor lainnya, ada kemungkinan karena pria terlalu kasar saat bercinta akibat teralihkan oleh nafsu. Sehingga secara tidak sadar ada gerakan atau sentuhannya yang menyakiti, misalnya menstimulasi payudara terlalu berlebihan atau penetrasi seks yang terlalu 'bersemangat' sehingga melukai Miss V.




Fakta Seks 9015907161489715049

Poskan Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email