1657408484514812
Loading...

Smartphone Kamu Lemot dan Boros Baterai? Coba Uninstall Aplikasi Facebook


Menghemat daya tahan baterai smartphone ternyata bisa dilakukan secara sederhana. Salah satunya dengan menghapus (uninstall) aplikasi yang memboroskan daya baterai dan bahkan membuat sistem Android maupun iOS berjalan lambat.


Berdasarkan uji coba yang dilakukan The Guardian, aplikasi Facebook di sistem operasi Android ternyata menghabiskan daya baterai yang cukup banyak. Berdasarkan tes tersebut, aplikasi Facebook dapat menguras daya hingga 20 persen sekaligus memperlambat performa keseluruhan ponsel.

Bahkan aplikasi Facebook yang berjalan di sistem operasi iOS juga dituding sebagai penyedot daya baterai ponsel.

Dalam pengujian yang dilakukan The Guardian, sebuah ponsel Huawei Nexus 6P dipakai sebagai obyek pengetesan. Dalam ponsel tersebut dipasangkan sebuah aplikasi Metal yang berfungsi sebagai 'wrapper' untuk Facebook. Wrapper adalah aplikasi ringan yang didesain untuk menjalankan situs tertentu - dalam hal ini Facebook dengan lebih cepat. Aplikasi Metal bisa di unduh di Google Play.                                        
Ketika dipasangkan Metal, ponsel uji membuka Facebook dengan lebih cepat ketimbang aplikasi asli buatan Facebook sendiri. Hasil pengujian ini menghasilkan penghematan baterai hingga 20 persen ketimbang menggunakan aplikasi bawaan dari Facebook.

Pada awalnya berdasarkan aplikasi pemantau daya ponsel terlihat bahwa aplikasi Facebook di Android tidak menghabiskan begitu banyak daya. Tapi aplikasi Facebook membuat layanan Android seperti Android System dan Android OS menggunakan lebih banyak daya saat dipasangkan.

"Kami telah mendengar laporan-laporan mengenai penurunan kecepatan yang dialami pengguna karena aplikasi Android. Kami akan mencari tahu penyebabnya dan akan memberikan jawaban mengenai masalah tersebut. Kami berkomitmen sepenuhnya untuk memperbaiki masalah tersebut," ungkap juru bicara Facebook kepada Daily Mail.

Hingga Facebook memberikan solusi terhadap masalah baterai tersebut, Anda bisa menghemat daya baterai dengan menghapus aplikasi Facebook dan menggantikannya dengan wrapper untuk menghemat daya sekaligus mempercepat kinerja ponsel.





Gadget 2011268986615997638

Poskan Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email