1657408484514812
Loading...

Ahamd Dhani Minta Jalur Independen Dihilangkan, Ikut Pilkada Harus Lewat Parpol


Ahmad Dhani meng‎kritisi kandidat petahana (incumbent) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, yang akan maju di Pilgub DKI 2017 melalui jalur independen. Ia bahkan meminta agar jalur independen ditiadakan, karena dianggap sebagai upaya deparpolisasi.



‎"Kalau saya mengusulkan kepada regulator supaya memikirkan ulang yang namanya independen itu. Bagaimana caranya supaya di tahun depan tidak ada independen," ujar dia usai memberi sambutan dalam ‎acara Ulang Tahun Garda Bangsa di Kantor DPP PKB, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat malam, 11 Maret 2016.

Dhani tidak sepakat adanya mekanisme jalur independen dalam pilkada. Sebab, opsi tersebut justru merusak fungsi parpol sebagai salah satu pilar demokrasi.

‎"Itu harus dibuat peraturan baru. Pokoknya yang namanya partai politik itu adalah pilar-pilar dari demokrasi," tegas Dhani seperti dilansir liputan6.com, Sabtu (12/03/2016).                        
Elektabilitas Ahmad Dhani

Meski mengusung Dhani, sejauh ini PKB masih melihat tren elektabilitas musisi senior itu. PKB juga belum menunjuk langsung siapa sosok yang akan berdampingan dengan Dhani.

"‎Dhani kita support menjadi Gubernur DKI. Soal cagub atau cawagub itu nanti, kita lihat komposisinya, lihat elektabilitasnya nantilah," kata politikus PKB sekaligus Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Djafar, pada kesempatan sama.

‎Sejauh ini, kata Marwan, elektabilitas Dhani berdasarkan survei yang dilakukan internal partai cukup baik, bahkan cenderung meningkat. Kendati, pihaknya belum bisa menyatakan sikap resminya terkait pengusungan Dhani pada Pilkada DKI 2017.

"Sejauh ini Dhani trennya cenderung naik. Masih ada setahun, masih panjang ini. Jangan diburu-buru. Intinya tergantung situasi politik nanti. Kita ukur elektabilitasnya seperti apa," tandas Marwan.






Pilkada DKI Jakarta 2869432778786511857

Poskan Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email