1657408484514812
Loading...

Awas! Kamera Bisa Rusak Jika Dipakai Foto Gerhana Matahari, Begini Tips Aman Motret Gerhana


Kita semua tahu bahwa melihat langsung ke arah Matahari sangat buruk bagi mata kita, kita perlu kacamata berfilter Matahari untuk melihatnya secara aman. Lalu, apa jadinya jika dipotret? Amankah bagi kamera, baik kamera smartphone maupun kamera digital?


Mata kita tidak boleh menatap langsung ke Matahari karena silau cahaya Matahari dapat merusak retina mata. Sementara kamera tidak memiliki retina, sehingga tidak akan rusak jika terpapar sinar Matahari. Namun, yang rusak adalah sensor kamera Anda.

Jadi bagaimana cara Anda agar bisa mengambil foto Gerhana Matahari dengan aman tanpa merusak mata dan tanpa merusak sensor kamera? Berikut panduan memotret gerhana matahari.

Sebelum mengarahkan ke arah Matahari, pastikan kamera Anda sudah dilapisi filter Matahari. Sebab selain nantinya hasil foto akan lebih bagus dan tajam, filter Matahari juga akan melindungi sensor kamera Anda dari kerusakan.                              
Berhati-hatilah saat Anda memegang kamera untuk mengarahkannya kehingga Matahari, jangan sampai mata Anda ikut-ikutan menatap Matahari, bahkan saat gerhana sedang berlangsung. Gunakan kacamata Matahari Anda untuk melindungi mata.

Jika Anda ingin mendapatkan foto yang bagus dan baik saat gerhana Matahari, sebuah ide yang cemerlang jik Anda menaruh kamera pada tripod. Dengan adanya tripod, hasil foto tidak goyang dan Anda bisa mengarahkannya ke arah Timur saat puncak Gerhana Matahari Total maupun Parsial 9 Maret 2016.

Anda bisa mendapatkan foto gerhana Matahari yang menawan jika Anda menggunakan optical zoom 12x, tapi sayangnya fitur seperti ini tidak akan Anda temukan pada kamera smartphone. Jika tidak menggunakan optical zoom 12x, piringan Matahari yang bakal Anda potret akan sangat kecil. (infoastronomy.org)





Gerhana Matahari 5600426065776695183

Poskan Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email