1657408484514812
Loading...

Jangan Gunakan Koran untuk Bungkus Makanan, Ini 3 Bahayanya


Ketika memasak makanan yang digoreng biasanya hal pertama yang Anda lakukan adalah meniriskannya untuk mengurangi kandungan minyaknya. Dan tak sedikit yang menggunakan kertas koran sebagai alas untuk meniriskan makanan tersebut


Tapi, tahukah Anda bahwa kebiasaan ini menyimpan bahaya bagi kesehatan? Ya, seperti dilansir laman Zeenews, makanan yang digoreng rentan terpapar senyawa kimia yang terdapat pada koran. Itulah sebabnya menggunakan alas atau bahkan bungkusan koran untuk makanan merupakan langkah yang berbahaya.

Berikut beberapa masalah kesehatan serius yang bisa dipicu oleh penggunaan koran sebagai bungkus atau alas peniris makanan.

1. Kanker

Tinta yang digunakan dalam koran sangat berbahaya dan rentan diserap oleh makanan sehingga memicu risiko kesehatan yang serius termasuk kanker.                                        
Pasalnya, senyawa kimia yang terdapat dalam tinta koran akan mengendap di tubuh dan memicu pertumbuhan sel-sel kanker yang ganas.

2. Bahaya pada ginjal dan paru-paru

Koran juga mengandung zat grafit dan jika tertelan bisa membuat tubuh Anda teracuni sehingga menyebabkan masalah yang berhubungan pada paru-paru dan ginjal sebagai organ ekskresi.

3. Masalah pada kesehatan pencernaan dan hormon

Pelarut kimia yang terdapat pada tinta koran juga mempengaruhi kesehatan pencernaan dan keseimbangan produksi hormon dalam tubuh.

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mencegah bahaya ini?

Anda bisa menggunakan kertas tisu atau kertas makanan untuk menyerap minyak yang berlebihan pada makanan. Kedua jenis kertas ini relatif lebih aman untuk penggunaan pada makanan.





Kesehatan 7528061282021255807

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email