1657408484514812
Loading...

Jokowi: "70 tahun sejak merdeka, kita hanya punya 840 km jalan tol, target saya 5 tahun 1.000 km"


Presiden Joko Widodo mengungkapkan Indonesia terlambat dalam pembangunan infrastruktur. Sehingga pemerintah menargetkan dalam lima tahun minimal telah terbangun tol 1.000 kilometer (km).


"Dari merdeka sampai sekarang, 70 tahun, kita baru mempunyai 840 km (jalan tol). Oleh sebab itu saya bertarget kepada Bapak Menteri PU, lima tahun minimal 1.000 km," ujar Presiden, saat meresmikan jalan tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) seksi IV di Mojokerto, seperti dikutip dari laman Setkab, Sabtu (19/3/2016).

Jokowi menambahkan, negara ingin berkonsentrasi pada dua hal besar yaitu deregulasi dan pembangunan infrastruktur. Dia pun mengajak seluruh kalangan untuk berkonsentrasi di sana.

"Deregulasi diperlukan agar ada kecepatan kita dalam bertindak melaksanakan pembangunan," tutur Jokowi dalam sambutannya di gerbang Tol Penompo yang ada di Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto.

Menurut dia, terdapat 42.000 peraturan terdiri dari perpres, PP, Permen, dan peraturan-peraturan lainnya. Peraturan yang banyak ini menjerat pemerintah sehingga tidak mempunyai kecepatan dalam bertindak di lapangan.              
"Pemerintah segera akan menyederhanakan agar semua dapat diputuskan, dikerjakan dengan cepat," tegasnya.

Seperti diberitakan metrotvnews.com, saat mengawali kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur, Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi meresmikan Jalan Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) seksi IV sepanjang 18,47 km yang memanjang dari Krian hingga Mojokerto, pada Sabtu siang di Kabupaten Mojokerto.

Jalan Tol Surabaya-Mojokerto sudah 21 tahun direncanakan dan sudah 18 km dapat direalisasikan, Presiden mengapresiasi kinerja Gubernur, Wakil Gubernur Jawa Timur, Bupati Mojokerto, Gresik, dan pihak terkait yang dapat menyelesaikan pembebasan lahan tersebut, dan meminta pembangunan sisanya dapat diselesaikan pada 2017.

Jalan Tol Sumo merupakan bagian dari Tol Trans Jawa, yang terdiri dari empak seksi yaitu:
- Seksi IA: Waru-Sepanjang (2,3km) dan Seksi IB: Sepanjang-Western Ring Road (4,3km).
- Seksi II: Western Ring Road-Driyorejo (5,1km).
- Seksi III: Driyorejo-Krian (6,1km).
- Seksi IV: Krian-Mojokerto (18,47 km).





Jokowi - JK 2270746860266269607

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email