1657408484514812
Loading...

Mengapa Logo Google Doodle Hari ini Tanpa Huruf "E"? Ternyata ini Sebabnya


Hari ini, Senin (7/3/2016), jika pengguna internet membuka laman pencarian Google, sepintas seperti tidak ada perubahan apa pun. Laman ini tetap menampilkan logo Google seperti biasa.

Namun, selang beberapa detik, huruf "e" yang ada di logo tersebut terhapus lewat sebuah animasi sehingga menyisakan kata berbunyi "Googl".


Google doodle tanpa huruf e tersebut turut merayakan hari lahir ke-80 Georges Perec.

Jika diklik, mesin pencari Google akan menampilkan hasil pencarian yang terkait dengan seseorang bernama Georges Perec.

Siapakah sebenarnya Georges Perec dan mengapa Google menghilangkan huruf "e" dalam doodle untuk memperingati hari lahirnya?

Perec adalah seorang penulis novel, pembuat film dan dokumenter, serta dikenal gemar membuat karya esai. Lahir pada 7 Maret 1936 di Paris, Perancis, ia merupakan anak satu-satunya dari pasangan Icek Judko dan Cyrla (Schulewicz) Peretz.                                          
Salah satu karya novelnya yang terkenal adalah La Disparition, sebuah karya yang ditulis dalam bahasa Perancis pada tahun 1969. Karyanya kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan diberi judul A Void.

Karya inilah yang menjadi inspirasi Sophie Diao dalam membuat doodle untuk laman utama Google. Alasannya, Perec menuliskan karya La Disparition tanpa pun satu huruf "e" pun di keseluruhan novel tersebut.

Novel La Disparition dalam bahasa selain Inggris pun menghilangkan huruf vokal lain yang paling banyak dipakai dalam bahasa tersebut. Terjemahan novel ini dalam bahasa Spanyol, misalnya, tak memiliki huruf "a", sedangkan terjemahan Rusia ditulis tanpa huruf "o".

La Disparition sendiri bercerita tentang sekelompok orang yang mencari seorang kawan yang menghilang. Novel ini memadukan genre noir fiction dan horror fiction.

Selain mahir menulis, Perec juga gemar membuat film. Salah satu karyanya yang dikenal di dunia film adalah Un Homme Quidort.





Internet 6427311943672831080

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email