1657408484514812
Loading...

Ritual Paskah, Warga Meksiko Bakar Patung Donald Trump


Patung Donald Trump dibakar warga Meksiko sebagai bagian dari ritual perayaan paskah. Pembakaran patung calon presiden Amerika dari partai Republik itu dilakukan karena pandangan anti-imigrannya Trump yang telah memicu kemarahan di bagian selatan perbatasan Amerika.


Di wilayah La Merced, Mexico City, ratusan penduduk bersuka cita melihat sosok tiruan konglomerat perumahan itu terbakar. Patung tersebut diberi pakaian warna biru, dasi merah dan rambut pirang yang menjadi ciri khas Trump.

Media melaporkan bahwa sejumlah patung Trump dibakar di penjuru Meksiko, dari wilayah Puebla hingga ke sentra kawasan industri Meksiko, Monterrey.

Pembakaran adalah bagian dari tradisi Meksiko Minggu Suci yang luas hingga warga membakar gambar-gambar untuk mewakili Yudas Iskariot. Yudas merupakan sosok yang mengkhianati Yesus Kristus seperti dimuat dalam Alkitab. Patung yang dibakar sendiri merupakan perwakilan tokoh politik tidak populer.

"Sejak dia memulai kampanyenya dan mulai berbicara tentang para imigran, meksiko, dan warga Meksiko, Saya mengatakan 'Saya harus memmbuat orang tersebut',"                                                      
ujar Felipe Linares, pengrajin yang membuat patung Trump. Felipe berasal dari keluarga yang telah membuat patung Yudas selama lebih dari 50 tahun.

Trump disebut sebagai calon yang paling diungggulkan untuk memenangkan nominasi Partai Republik pada pemilu November 8 mendatang. Dalam kampanyenya, Trump menyebut akan membangun dinding di sepanjang perbatasan selatan AS untuk mencegah imigran ilegal dan penyelundupan narkotik. Namun biaya pembangunan jembatan itu akan dibebankan kepada Meksiko.

Sementara itu Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto mengatakan tak sudi membayar berapapun untuk pembangunan dinding a la Trump itu. Tak mau kalah, Enrique mengibaratkan dinding tersebut sebagai tempat pendakian diktator seperti Adolf Hitler dan Benito Mussolini.

Bukan hanya kalangan luar partai, Trump juga disebut menimbulkan kontroversi di internal partai. Trump menyebut Meksiko mengirim pemerkosa dan pengedar narkotik melintasi perbatasan.

(CNN Internasional)





Donald Trump 7764784795536949876

Poskan Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email