1657408484514812
Loading...

Utang Rp4.000 Triliun Indonesia Ternyata Diantaranya Berasal Dari 5 Negara Kecil ini, Miris...


Negara Indonesia yang luas wilayahnya sangat besar dan memiliki kekayaan alam melimpah ruah dari Sabang sampai Merauke harus punya utang sekitar Rp 4 ribu triliun. Jumlah yang sangat fantastis tentu saja.


Mirisnya, ternyata si pemberi pinjaman utang ke Indonesia bukanlah negara-negara yang besar secara geografis. Dibandingkan dengan Indonesia, sangat jauh sekali perbandingannya. Namun, mereka malah membantu kita yang seharusnya lebih kaya.

Lalu negara mana saja yang tidak sebesar Indonesia wilayahnya, tapi justru memberi utang banyak kepada Indonesia? Berikut ulasannya seperti dilansir boombastis.com

1. Singapura, Negara Kecil yang Beri Bantuan Besar Kepada Indonesia

Dibandingkan dengan Indonesia, Singapura jelas tidak ada apa-apanya. Dari segi wilayah, Indonesia berkali-kali lipat lebih luas dibanding negara mungil itu. Apalagi bicara sumber daya alam, negara kita juga jauh lebih jumawa. Tapi, pada kenyataannya Singapura lebih makmur dari kita. Bahkan mereka adalah pemberi bantuan keuangan paling besar bagi Indonesia.

Singapura tercatat memberikan bantuan keuangan terbesar bagi kita yakni sekitar $ 60,14 miliar. Meskipun kalau dibandingkan dengan Indonesia tidak ada apa-apanya, terutama luas negara, namun yang jelas Singapura memang salah satu negara makmur di dunia. Miris sih sebenarnya, Indonesia bergantung pada negara yang tak lebih besar dari Jakarta.

2. Belanda, Negara Banyak Utang Tapi Beri Pinjaman

Setelah lepas dari penjajahan Belanda, Indonesia bisa dibilang lebih baik. Dalam segala hal negara kita meningkat. Sayangnya, meskipun sudah puluhan tahun merdeka, nyatanya Indonesia tak benar-benar bisa lepas dari Belanda. Ya, negara ini ternyata juga memberikan utangan kepada Indonesia.

Menurut data yang dilansir Bank Indonesia, Belanda memiliki piutang sebesar $ 11,46 miliar. Sebenarnya kalau dikomparasikan secara fisik Indonesia jauh lebih besar dan kaya. Negara kita memiliki luas hampir sejuta kilometer, Belanda hanya sekitar 41 ribuan saja. Hebatnya lagi, mereka konon mengalami masalah ekonomi yang parah, namun bisa beri Indonesia pinjaman uang.

3. Hongkong, Negara Seuplik yang Turut Bantu Keuangan Indonesia

Dibandingkan dengan Indonesia, Hongkong termasuk daerah yang sangat kecil. Negara Administratif Khusus ini luasnya hanya seperti Bandung dan Jakarta digabung menjadi satu. Sangat kecil kalau dibandingkan dengan keseluruhan luas Indonesia. Soal potensi kekayaan, mereka juga kalah telak dengan Indonesia. Meskipun demikian, tapi lagi-lagi negara sekecil ini justru memberi bantuan keuangan kepada Indonesia.                                            
Menurut data Bank Indonesia di tahun 2014, Hongkong tercatat memiliki piutang kepada Indonesia dengan jumlah sekitar $ 3,4 miliar atau setara dengan Rp 44,3 triliun. Tentang Hongkong yang memberi utangan kepada Indonesia, hal tersebut cukup sangat masuk akal. Alasannya, negara ini masuk dalam jajaran 30 besar negara paling makmur di dunia.

4. Perancis Juga Bantu Indonesia Meskipun utangnya Melimpah

Tak banyak orang Indonesia yang tahu kalau Perancis ternyata juga memberikan bantuan keuangan kepada Indonesia. Jumlahnya sendiri cukup besar yakni sekitar $ 3,1 miliar. Perancis selama ini dipandang sebagai negara besar, sehingga cukup pantas untuk memberikan bantuan. Padahal aslinya apa yang terjadi di sana juga cukup bikin pusing.

Percaya atau tidak, negara satu ini ternyata punya utang luar negeri yang tak kalah besar dibandingkan Indonesia. Tercatat, Perancis memiliki utang sebesar $ 5,7 triliun. Jumlah itu bahkan hampir dua kali lipat GDP Perancis. Entah apa tujuan Perancis bantu Indonesia padahal mereka sendiri juga tengah terlilit utang.

5. Jerman Pun Beri Bantuan Indonesia

Kalau dikomparasikan secara wilayah, Jerman jelas kalah telak dengan Indonesia. Negara itu hanya seluas 357 ribuan km. Namun, soal kemakmuran negara ini nomor 19 dunia. Jerman mungkin mentereng, tapi negara ini sebenarnya tengah goyah. Pasalnya, ternyata Jerman juga memiliki utang yang tak kalah melimpah.

Di tahun ini, diperkirakan utang luar negeri Jerman mencapai $ 5,5 triliun. Walaupun utangnya sendiri segudang, tapi Jerman memberi bantuan keuangan kepada Indonesia. Menurut BI, negaranya Angela Merkel itu memiliki piutang sebesar $ 3,4 miliar kepada Indonesia.

Memang, luas daerah tak bisa jadi parameter sebuah negara itu makmur. Tapi, yang kita bicarakan ini adalah Indonesia, negara dengan sejuta kekayaan. Dibantu negara yang tidak lebih besar seharusnya membuat kita sungkan dan malu. Apalagi Singapura yang daerahnya sendiri bahkan tidak sampai 1-2 persen wilayah Indonesia.

Semoga dengan mengetahui informasi ini, kita jadi tambah semangat membangun untuk kemajuan Indonesia dimasa mendatang.





Ragam Nusantara 4967262517337647116

Poskan Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email