1657408484514812
Loading...

5 Fakta Unik Tentang R.A. Kartini yang Mungkin Belum Kamu Ketahui


Setiap tanggal 21 April, perempuan di Indonesia memperingati Hari Kartini. Umumnya, peringatan Hari Kartini hanya dihiasi dengan seremoni, tanpa memahami kisah hidup dan apa yang sebenarnya diperjuangkan Kartini semasa hidupnya.


Ada banyak hal yang tidak diketahui publik soal apa yang diperjuangkan Kartini. Yuniyanti Chuzaifah, ketua Komnas Perempuan menjelaskan hal tersebut.

"Kartini tidak hanya bicara kesetaraan, melainkan ia memperjuangkan pendidikan, dia seorang pluralism dan mencintai perdamaian," kata Yuni kepada Tempo.

Berikut beberapa fakta unik Kartini yang mungkin belum kamu ketahui:

1. Kartini rela menikah dengan seorang duda beranak tujuh agar dirinya diperbolehkan melanjutkan dan membangun sebuah sekolah di Rembang.                                                      
2. Kartini mengambil pengetahuan dari elit Belanda lalu diajarkan kepada perempuan-perempuan kelas menengah ke bawah.

3. Kartini pernah mengirim surat dan foto Paus dengan bingkai ukiran Jepara kepada Mr. Abendanon. Dia ingin menyampaikan bagaimana ia seorang muslim dan menghargai perbedaan agama lain.

4. Kartini membumikan ajaran agama. Kartini pernah meminta hadiah kepada guru mengajinya, Syek Soleh Darat agaran semua ajaran agama diterjemahkan dalam bahasa Jawa. Kartini ingin semua orang mudah memahami ajaran agama.

5. Kartini suka memasak. Kartini banyak menciptakan resep-resep masakan. Di masanya Kartini selalu memasak untuk alat negosiasi. Kartini memasak untuk diplomasi, untuk menunjukkan peradaban Jawa di mata Belanda.





Sejarah Indonesia 4362871677002387182

Poskan Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email