1657408484514812
Loading...

Pulang Dari Eropa, Jokowi Boyong Kesepakatan Bisnis Rp270 Triliun


Selama lima hari Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke empat negara Eropa, yakni Jerman, Inggris, Belgia dan Belanda. Presiden pun berhasil membawa sejumlah kesepakatan bisnis dari lawatannya tersebut.


“Total deal business to business yang saya catat di luar kita ada USD20,5 miliar (Rp270,7 triliun dengan kurs Rp13.207 per USD),” kata Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (23/4/2016).

Dia melanjutkan, ada dua hal yang didapatkan dari kunjungan ini. “Pertama, kepercayaan kalangan bisnis Negara-negara tersebut dan Uni Eropa terhadap perekonomian Indonesia,” kata dia.

Selain itu, Kebijakan deregulasi ekonomi disambut sangat positif dan yang kedua apresiasi dan harapan yang tinggi terhadap peran indonesia untuk perdamaian melalui pengembagan Islam yang moderat, demokratois dan toleran. Saat ini nilai Islam yang damai dan demokratis telah menjadi aset diplomatis Indonesia di mata dunia.                                                      
Sejumlah komitmen dan prioritas kerjasama dengan negara-negara yang telah dikunjungi, antara lain, pertama dengan Jerman. Indonesia hanya fokus di satu saja, yaitu pelatihan dan pendidikan vokasi. “Vocasional school, vocational training untuk menciptakan tenaga terampil yang sesuai dengan kebutuhan pasar dan kompetitif,” kata dia.

Kedua, Inggris. Indonesia hanya kerjasama satu bidang, yaitu di bidang kreatif ekonomi. Industri kreatif yang nanti akan segera ditindaklanjuti oleh Badan Ekonomi Kreatif. “Dan saya senang kemarin melihat lima desiner muda Indonesia yang memajang produk di departemen store besar yang ada di London,” kata dia.

Tiga, dengan Belgia, juga dengan Uni Eropa. Kecepatan pemerintah menyelesaikan scooping papers sangat dihargai dan tinggal melanjutkan kepada negosiasinya.

Terakhir, dengan Belanda, Indonesia hanya konsentrasi satu hal berkaitan dengan maritim dan pengeloaan air.

“Nanti pada bulan November, PM Belanda akan berkunjung ke Indonesia beserta delagasi bisnis ke Indonesia,” ucap dia. (okezone.com)





Jokowi - JK 4879404888441370271

Poskan Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email